Senin, 23 November 2015

Sejarah Dota 2

kata yang tidak asing di dengar sekarang ini... semua orang membicarakan DOTA, game yang mendunia saat ini, yap.. siapa yang gak kenal DotA? mulai anak kecil sampai orang dewasa.. semua bermai DotA, tapi.. apakah kalian tau sejarah DotA? awal ditemukannya DotA?

Wah kalo enggak.. parah dong.. sini kk ajarin.
DotA adalah singkatan dari Defense of the Ancients, DotA adalah sebuah "MAP" / custom game untuk game Warcraft III, DotA terinspirasi dari map "Aeon of Strife" pada game StarCraft yang mana misinya adalah untuk menghancurkan "inti" dari musuh yaitu "ANCIENT" yang berada diujung map, yang pasti.. WAJIB mempertahankan Ancient.
gambar : Aeon of Strife, neneknya DotA
Dengan adanya Ancient of Strife.. maka, terciptalah GENRE baru untuk sebuah game online yaitu MOBA (Massive Online Battle Arena), MOBA adalah subgenre / turunan dari genre RTS (Real Time Strategy), bisa dibilang Ancient of Strife adalah game MOBA pertama, yang gw denger sih Aeon of Strife adalah sebuah game yang terdiri dari 2 tim yang saling berlawanan, sebuah tim.. maksimal hanya bisa diisi oleh 3 pemain + 1 bot yang bertarung di 3 lane (top, mid dan bot), ditambah lagi gamenya gak ada fitur level up.. yap.. sepanjang permainan gak ada yang namanya naik level.. kalau di DotA maks level 25, kalo di AoS ga ada.. hanya kill, kill dan kill... kurang seru sih.. jauh banget dibandingkan DotA sekarang.. tapi begitulah namanya juga "nenek" nya dota wkwk.
oh ya ketinggalan.. untuk menambah wawasan sih.. AoS diciptakan pada tahun 1998 oleh seorang map creator / modder yaitu Aeon64.

Defense of the Ancients

Era Eul

gambar : eul 
Pada tahun 2002 Blizzard yang sebelumnya mengeluarkan game StartCraft yang menjadi awal mula AoS, mengeluarkan game RTS ke 2 mereka yaitu Warcraft 3, yap.. sama seperti pendahulunya.. Warcraft 3 juga mempunyai fitur yang memungkinkan player atau map creator bebas membuat mod atau membuat Custom Games/map untuk Warcraft 3, kemudian pada tahun 2003 seseorang yang punya nickname "Eul" menciptakan map DotA yang terinspirasi dari AoS di Starcraft, kemudian setelah itu.. banyak moder / map creator lain yang membuat "versi" DotA mereka sendiri dengan berbagai macam varian item dan hero heronya, berbeda dari AoS.. DotA adalah 5 vs 5 dan mempunyai fitur level, mencari exp, menjadikan gamenya menjadi lebih seru dan menantang. Dan kemudian si Eul berhenti membuat map DotA, beberapa lama kemudian banyak bermunculan "versi" lain dari DotA "DotA DX Series, Dota Unforgiven, dan DotA Outland".

DotA Allstars

Pada tahun 2004, tepatnya tanggal 3 Februari 2004 muncullah "pasangan" modder yang biasa dipanggil Meian dan Ragn0r mereka membuat map DotA Allstar Beta versi 0.95, cukup banyak yang berubah disini.. yang menarik adalah mereka memunculkan "FUN" hero pada map sebelumnya di map DotA Allstars. itu cukup membuat nama mereka ber2 tercatat didalam sejarah DotA wkwkwk.

Era Guinsoo
gambar : guinsoo
Steve Feak yang biasa dipanggil dengan sebutan Guinsoo, dibawah tangan dinginnya "wihhh" DotA menjadi berkembang pesat.. Guinsoo memulai debutnya menjadi seorang pembuat map DotA pada bulan Maret 2004, DotA Allstars versi 3.0d, itulah map pertama yang dibuat oleh sang Guinsoo, pada tanggal 24 April 2004 di versi 4.0a menjadi sebuah titik balik bagi DotA dan bagi sang legenda itu sendiri "lebay" wkwk.. tapi serius gan.. karena disitulah pertama kali si ROSHAN lahir.. GUINSOO adalah bapak dari ROSHAN, sebelumnya namanya bukan Roshan sih.. tapi Guinsoo's Bowling Ball (Bola Bowling si Guinsoo) wkwkwk.. trus diganti deh jadi Roshan.
Kemudian DotA terus dikembangkan dan dikembangkan.. banyak hero baru, item baru, kemudian Guinsoo membuat suatu Clan yaitu TDA (Team Dota Allstars), dengan bantuan anggota dari TDA yaitu Neichus dan Icefrog, Guinsoo membuat map versi 5.84 v2 dan menjadi map yang pertama masuk dalam kompetisi DotA

gambar : map dota 5.84


Era Icefrog sang Maestro
Pada tanggal 28 Februari 2005 sang legenda Guinsoo mengumumkan untuk pensiun membuat map DotA, dan DotA dilanjutkan oleh Neichus sebagai ketua / kreator utama dan dibantu oleh Icefrog, setelah mereka ber2 memunculkan banyak hero di DotA.. seperti Earthshaker, Shadow Fiend, Tiny, Phantom lancer, Enchantress, Enighma, Axe, Visage, Nerubian Weaver, Bloodseeker dan Dazzle, kemudian Neichus pergi meninggalkan DotA dan Icefrog, kemudian Icefrog lah yang melanjutkan sampai sekarang, begitu banyak perubahan yang dilakukan oleh Icefrog, mulai dari menghadirkan banyak hero baru, item, balance, sampai DotA makin terkenal dan di translate ke bahasa Cina, sampai pada DotA masuk acara tahunan kompetisi game terbesar besar yaitu WCG (World Cyber Game) pada tahun 2005. Dari sinilah kemudian lahir para legenda DotA

Clinton "Fear" Loomis
THE 
TRUE 
LEGEND









Ivan "Vigoss" Shinkarev

Awards











Jonathan "Loda" Berg

Awards








Dan masih banyak lagi.. bukan cuma di luar saja.. di Indonesia pun punya Legenda DotA yang ditakuti oleh para player luar.. bahkan dulu saking seramnya.. Meepo wajib ban jika bertemu mereka.. yap.. kalo bukan siapa lagi.. XcN / Fnatic (tim XcN digandeng oleh Fnatic)

Ritter "Ritter" Rusli
Romi "Melen" Gunawan
Jefri "St@m-X" Suwiryo
Sugiarto "Bahamut" Cahyadi
Ariyanto "Lakuci" Sony

gambar : XcN lagi bertanding






Disaat masa keemasan mereka.. banyak meta baru yang membuat dunia Dota terpukau, pertama kali memakai Meepo di turnamen / competitive scene.. yap.. siapa lagi kalau bukan.. Ritter sampai di juluki
ASIA MEEPO OF DOOM !!!
Kita tunggu saja.. semoga Dota di Indonesia bisa berjaya lagi seperti di tahun 2007 - 2008

THE 2nd SEQUEL

Semua ini bermula dari Erik Johnson (karyawan Valve) yang tertarik pada mod (dota map) tersebut dan ingin membuatnya lebih kompetitif lagi.. lalu dia menawarkan Icefrog untuk bekerja sama untuk lebih mengembangkan DotA, lalu pada tanggal 5 Oktober 2009, Icefrog menulis di blognya bahwa.. dia ikut serta dalam pengerjaan tersebut.

THIS IS DOTA 2 NOT DotA
Dota yang dulunya kita tau adalah singkatan dari Defense of the Ancient, sekarang berubah menjadi sebuah game utuh.. yap..  Dota 2 bukan lagi singkatan.. this is DOTA 2!!
DOTA 2 pertama kali diumumkan pada tanggal 13 Oktober 2010, dulu gw masih ingat.. harus cari Beta Key dulu baru bisa main.. sampai ada yang jualan Beta Key.. 100k per key @_@ wkwkwk atau ngisi survey trus ngantri sampai dapat surat cinta dari Valve

gambar : surat cinta dari Valve

RELEASE !!!
Pada tanggal 9 Juni 2013 DOTA 2 RELEASE, no more beta keys.. no more invite.. just play.. FREE TO PLAY

gambar : launching dota 2














DOTA NOWADAYS
DOTA 2 sekarang menjadi game yang sangat besar... game yang mempunyai hadiah tertinggi pada kompetisinya..
THE INTERNATIONAL yang diadakan setahun sekali.. The International adalah sebuah turnamen akbar yang digelar oleh Dota 2 The International sudah mencapai seri ke 5 yang mana total hadiahnya adalah
18.3 juta DOLLAR, 6.6 juta DOLLAR pada juara pertama.. dan itu dibagi 5 orang + sponsor

Sekarang game online sudah tidak bisa dipandang sebelah mata lagi.. khususnya untuk Dota 2
Belum lagi di China sudah membuka universitas untuk Dota 2
http://www.indogamers.com/read/11/11/2014/10159/universitas_di_cina_adakan_mata_kuliah_dota/

Source 2
Pada tanggal 12 Juni 2015 Valve mengumumkan Dota 2 akan memakai Source engine baru.. di blog resmi Dota 2 mengatakan bahwa.. Dota 2 Reborn akan tampil dengan UI yang baru.. fitur Custom Game dan masih banyak lagi.. tetapi ini masih dalam versi BETA.. dan user bisa memilih mengupgrade DOTA 2 mereka atau tidak.
Tanggal 10 September akhirnya DOTA 2 REBORN resmi diluncurkan..

update besar besaran sekitar 6GB banyak perubahan sana sini.. terutama pada tampilan (UI) dan Custom games.. dan yang pasti lebih ringan dari pada yang lama.. kita tunggu saja kelanjutannya.

Ada yang ingin ditanyakan? silahkan tulis saja di komentar :)

Related Posts:

5 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung :3
  2. seep.
    req sejarah hero dota dong
    Reply
    Replies
    1. Wahh sejarah hero dota ya, saya pertimbangkan dulu ya.. Thanks udah berkunjung di blog saya :D
  3. Mantap gan, kalau bisa infonya lebih lengkap.. hero dan item.. ada komik2 lucu juga boleh sama wallpaper hero2 buat desktop..

    Yuk kunjungi blog saya...
    http://akunsbobetindo.blogspot.co.id/
    Reply
Mari Belajar Dota 2. Powered by Blogger.

Translate

0 komentar:

Posting Komentar