Senin, 29 Agustus 2016

Sekarang Adalah Era Superhero! (Review Boku No Hero Academia)

Pernahkah dalam benak kalian ingin menjadi seorang superhero yang mengadili kejahatan? Setidaknya penulis pernah berkhayal seperti itu saat masih kecil. Nah, bagi kalian yang pernah berpikir untuk menjadi superhero, manga ini mengajari kalian bagaimana caranya menjadi superhero: harus sekolah dulu.

Manga ini menceritakan dunia dimana hampir semua orang memiliki kemampuan khusus yang disebut "Quirk", dan kemampuan khusus itu sudah dianggap normal di dunia tersebut. Cerita berpusat pada Izuku Midoriya, seorang bocah smp biasa yang tidak memiliki Quirk seperti orang kebanyakan. Namun, ia tetap bermimpi untuk menjadi pahlawan suatu hari nanti. Namun dalam perjalanannya, ia banyak melewati rintangan dan di-bully oleh teman-temannya yang memiliki Quirk, terutama oleh Katsuki Bakugou, teman masa kecilnya yang mempunyai Quirk yang hebat dan juga berbakat.
Namun, semua rintangan itu tidak membuatnya putus asa. Sampai akhirnya ia bertemu All Might, seorang pahlawan legendaris, yang ternyata telah menjadi lemah karena luka yang dideritanya 5 tahun lalu. Melihat kegigihannya untuk menjadi pahlawan, All Might pun memberikan Quirk-nya, "One For All" kepada Midoriya yang tidak memiliki Quirk.
Petualangan berlanjut di Yuuei Academy, sebuah SMA yang khusus melatih muridnya untuk menjadi pahlawan. Midoriya yang masuk ke kelas A bertemu lagi dengan teman masa kecilnya, Bakugou. Ia pun bertemu dengan teman-teman baru yang juga memiliki Quirk yang hebat. Perjuangan Midoriya dan teman-temannya untuk menjadi pahlawan pun dimulai!

Boku No Hero Academia (My Hero Academia) adalah manga yang dibuat dan ditulis Kohei Horikoshi. Manga ini mulai terbit di Weekly Shonen Jump semenjak Juli 2014 lalu, dan masih terbit setiap minggunya hingga kini. Walaupun masih tergolong baru, manga ini sudah mendapat adaptasi Anime, dan akan tayang 3 April 2016.

Boku No Hero Academia menurut penulis adalah manga yang bagus. Style Art-nya yang menurut penulis agak Western (walaupun masih kelihatan seperti style manga Jepang juga) menjadikan gambarnya yang unik dan anti-mainstream (Setiap melihat All Might dalam bentuk hero-nya, selalu terlihat awesome!). Horikoshi-sensei mampu membuat kita dapat mengenali & membedakan gambarnya yang khas hanya setelah kita membaca beberapa chapter saja. Dengan gambar backgroundnya yang detail dan desain karakter yang keren dapat memanjakan matamu untuk terus membaca chapter demi chapter. Semoga Horikoshi-sensei mampu konsisten untuk menjaga kualitas gambarnya yang keren ini.
Ceritanya juga seru! Dengan main character, Izuku Midoriya yang seperti MC shonen manga pada umumnya (terlihat ceroboh & lemah pada awalnya). Berbeda dari Saitama dalam seri Onepunch-Man yang sudah sangat kuat dari awal (bahkan overpower), Midoriya awalnya sangat lemah karena ia tidak memiliki Quirk, dan setelah ia memilikinya, ia pun terus berjuang untuk mengembangkan kemampuannya dan menjadi pahlawan yang kuat. Disini kita dapat menyaksikan perjuangan Midoriya dari nol sampai suatu saat ini menjadi yang terkuat, kita seakan-akan ikut berjuang bersama Midoriya untuk menjadi pahlawan terhebat.
Actionnya pun dibungkus dengan apik. Dengan setting tempat yang tidak terlalu luas (kebanyakan berpusat hanya di Yuuei Academy), Horikoshi-sensei dapat membuat hal-hal umum di sebuah sekolah seperti ujian masuk dan ulangan menjadi sebuah action yang seru! Kita bisa mendapatkan keseruan dari hal-hal kecil seperti bagaimana Midoriya menjalankan tes ujian masuk, bagaimana Midoriya ingin menjadi nomor 1 dalam Festival Olahraga, dan hal-hal kecil lainnya yang biasa terdapat di sekolah pada umumnya, tentunya dengan cara hero (Karena Yuuei adalah akademi hero tentunya). Bagaimana hal-hal kecil dapat menjadi sebuah Arc besar yang kita selalu nantikan kelanjutannya.
Bukan hanya itu, yang namanya hero pasti selalu ada villain. Begitu juga manga ini, terdapat organisasi yang dinamakan Aliasi Penjahat yang selalu ingin menghancurkan para pahlawan termasuk murid-murid Yuuei. Pertarungan melawan Aliansi Penjahat ini masih berlanjut hingga saat ini. Patut dinantikan bagaimana kelanjutannya.

Overall, manga ini recommended untuk kamu baca, terutama untuk para penggemar shonen manga. Apalagi manga ini digadang-gadang akan menjadi penerus manga legendaris Naruto selanjutnya. Apakah menurutmu manga ini layak jadi penerus Naruto? Silahkan dinilai sendiri dengan membaca manganya.

0 komentar:

Posting Komentar