Rabu, 16 November 2016

Dibajak, Dev. Game PS Vita Ini Justru Bahagia!

ps 4 ps vita
Pembajakan memang masalah “klasik” di beragam media hiburan yang ada, tak hanya video game. Apakah ia punya kontribusi positif tertentu di luar efek negatif di sisi penjualan? Itu yang selalu jadi pertanyaan utama tanpa ada jawaban pasti karena kurangnya  data yang muncul. Sejauh ini, pembajakan memang jelas menyakiti game-game dari developer raksasa. Tak heran jika mereka mulai membubuhkan sistem anti-bajakan yang mumpuni untuk mencegahnya. Namun di tangan developer yang lebih kecil, pembajakan ternyata bisa berakhir menjadi sesuatu yang positif. Setidaknya itulah yang dirasakan dan diekspresikan oleh PM Studios.
Seperti yang kita tahu, suntikan homebrew kini memang memungkinkan handheld andalan Sony – PS Vita untuk memainkan game-game bajakan seperti pendahulunya. Game bajakan yang seharusnya bisa menyakiti sisi penjualan banyak publisher justru dilihat sebagai sesuatu yang positif untuk PM Studio yang merilis Superbeat Xonic di pasar Barat. Mengapa? Karena  versi bajakan berhasil membuat game “kecil” ini mendapatkan perhatian yang besar. Alih-alih marah, mereka justru berterima kasih dan mengajak gamer yang tertarik untuk membeli versi original game mereka.
Pembajakan berhasil membuat game ritme PS Vita mendapatkan perhatian kembali.
Pembajakan berhasil membuat game ritme PS Vita mendapatkan perhatian kembali.
Ini tentu saja respon yang tak pernah kita prediksikan sebelumnya, bahwa sebuah publisher game justru akan berterima kasih pada pembajak karena  membuat game mereka kembali menjadi perhatian. Namun apakah respon keren dari PM Studios ini akan diterjemahkan menjadi peningkatan penjualan untuk Superbeat Xonic? Semoga saja.

0 komentar:

Posting Komentar